Rabu, 21 Maret 2012

Munajat HAMBA

By : Rijal Muhammad

Duhai Allah... Segala puji hanyalah milik-Mu
Semua pujian hanya berhak disandarkan kepada-Mu
Tak sedikitpun celah bagi kami untuk angkuh karena ada pujian makhluk-Mu, kecuali akan kami kembalikan kepada-Mu dengan penuh kesadaran dan ketulusan

Engkau Yang Menggenggam segala kehidupan ini
Engkau Yang Membimbing, Mengatur, Memutuskan dan Menetapkan segala sesuatu
Engkau Yang Menurunkan segala kebaikan untuk hamba-hamba-Mu

Duhai Allah... Sampaikanlah sholawat dan salam ke hadirat Rosul-Mu, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam
Mohon sampaikan ucapan selamat kami kepadanya, karena kami tak sanggup membalas jasa dan pengorbanannya yang begitu besar hingga kami bisa mengenal dan menjalankan ajarannya.
Sampaikanlah sholawat dan salam kepadanya, agar kami mendapatkan rahmat dari-Mu dan menjadi pengikut Rosul-Mu yang sejati hingga berakhirnya kehidupan ini. Semoga kami layak disebut sebagai ummatnya yang wajar untuk mendapatkan syafa'atnya.

Duhai Allah, kami adalah makhluk-Mu yang lemah
Kelemahan itu terkadang membuat kami khilaf dan melakukan kesalahan bahkan dosa disisi-Mu. Karena itu, maafkan segala kesalahan kami, hapuslah segala perbuatan kami yang tidak berkenan dan ampuni segala dosa-dosa kami yang besar dan kecil, yang terlihat atau yang tersamar dan yang disengaja atau yang tidak.
Kami sadar dosa-dosa yang kami lakukan akan menjauhkan kami dengan-Mu. Maka ampunilah segala dosa itu, bimbing kami agar tidak mengulangi dosa tersebut dan hantarkan kami menuju jalan-Mu yang lurus.

Duhai Allah... Kami hadir di dunia ini berkat amal orang tua kami. Mereka telah mengurus, mendidik dan memenuhi semua kewajibannya sebagai orang tua pada kami. Karena itu, ampunilah segala dosa dan kesalahan mereka. Berikanlah kasih sayang-Mu kepadanya seperti halnya mereka mendidik dan memelihara kami saat kecil. Limpahkanlah karunia-Mu. Jadikan segala amalnya dalam mengurus dan mendidik kami sebagai sarana bagi-Mu untuk senantiasa menurunkan rahmat dan keutamaan kepadanya.
Semoga keteladanan yang mereka berikan, akan selalu membekas pada diri kami dan menurunkannya kepada anak cucu kami berikutnya.

Duhai Allah... Engkau adalah Tuhan kami dan kami adalah hamba-Mu. Engkau adalah tujuan kami dan hanya ridho-Mu yang kami cari. Maka perbaikilah urusan Agama kami karena itu adalah sebagai pegangan kami. Perbaikilah dunia kami sebagai tempat kami hidup dan mencari penghidupan. Perbaikilah akhirat kami sebagai tempat kembali yang sesungguhnya. Serta kami mohon kepada-Mu untuk menjadikan hidup ini tak lain sebagai masa untuk selalu menambah amal dan segala kebaikan. Dan jadikanlah kematian kami dengan rahmat-Mu sebagai upaya akhir kami dalam melakukan keburukan.

Duhai Allah... Kesadaran kami sebagai hamba-Mu mengharuskan kami untuk memiliki ilmu dan pengetahuan yang bisa menunjukkan kami pada maksud dan arah ajaran-Mu. Karuniailah kami ilmu yang bisa mendekatkan diri kami kepada-Mu. Anugerahilah kami ilmu yang bisa menerangi jiwa kami dan orang lain. Tambahkanlah ilmu pada kami yang bisa membuat iman kami semakin kuat dan mantap. Hiasilah ilmu yang Engkau anugerahkan dengan mulianya akhlak pada diri kami, agar senantiasa terpelihara dari sifat angkuh dan bebas tak terkendali yang tak layak kami lakukan.

Duhai Allah... Engkau selalu berbuat ihsan pada kami. Meski kami sering lalai dalam beribadah kepadamu. Meski kami sering melakukan dosa dan kesalahan. Janganlah Engkau hukum kami karena kelalaian, namun Engkau bimbing kami dengan cara-Mu yang maha bijak agar kami selalu sadar dalam mengabdi kepada-Mu. Berkahilah orang tua kami. Berkahilah istri dan anak-anak kami. Berkahilah saudara-saudara kami. Berkahilah anugerah ilmu yang Engkau berikan pada kami. Berkahilah harta yang Engkau titipkan pada kami. Berkahilah hidup kami untuk senantiasa juga berbuat ihsan pada makhluk-Mu yang lain.

Duhai Allah... Saat menghadapi segala problema dalam kehidupan ini, terkadang kami menjalaninya dengan penuh kesabaran namun tidak jarang pula yang kami hadapi dengan cara yang tidak semestinya. Kami sadar bahwa hidup ini adalah ladang ujian dan tantangan, tapi juga sekaligus harapan. Kami mohon saat kami dalam menghadapi segala ujian yang terjadi, Engkau meneguhkan iman kami, menguatkan kesabaran kami, menguatkan istiqomah kami seraya Engkau bantu mempermudah mencari jalan keluar bagi ujian tersebut. Bantu kami untuk menggapai hikmah dan manfaat dari semua ujian yang kami hadapi. Kami ingin saat merasakan kemudahan dan kebahagiaan, diwujudkan dalam rasa syukur kepada-Mu. Namun saat ujian dan kesulitan melanda, Engkau kokohkan kesabaran yang mendalam pada jiwa kami.

Duhai Allah... Dalam segala keterbatasan dan kelemahan kami. Kami ingin menjadi makhluk-Mu yang bisa bermanfaat buat orang lain. Kami ingin hidup ini bisa membawa kebahagiaan buat orang lain. Kami ingin dengan sedikit pengetahuan bisa mengajak orang kembali kepada fitrahnya dan menyadari dirinya sepenuhnya dihadapan-Mu. Kami ingin dengan sedikit rizki yang ada pada kami bisa membantu sesama yang mungkin ujian dan masalah yang dihadapi lebih besar dari kami. Kami ingin segala bentuk amal perbuatan yang kami lakukan senantiasa mendapat ridho-Mu. Karenanya, kami mohon kepada-Mu agar Engkau menanamkan keikhlasan yang kuat dan mengakar hingga tak lagi diganggu oleh sifat riya dan ujub dalam berbuat.

Duhai Allah... Kalau Engkau menganugerahi kami umur yang panjang, jadikan setiap hari-hari yang tersisa selalu digunakan untuk melakukan amal dan mencari ridho-Mu. Namun jika umur kami tidak lama lagi, kami sangat bermohon kepada-Mu agar disaat kami meninggalkan dunia ini, kami tidak memiliki dosa disisi-Mu serta kesalahan yang belum termaafkan oleh orang lain termasuk kewajiban kami berupa hutang apapun kepadanya. Kami ingin akhir dari nafas kami didunia adalah ucapan terindah bahwa " Tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah Utusan-Nya". Sehingga kami pulang menjumpai-Mu dalam keadaan ridho dan diridhoi dan dalam keadaan husnul khatimah.

Duhai Allah... Anugerahilah kami didunia kebaikan dan diakhirat juga kebaikan. Hindarilah kami dari adzab neraka yang teramat pedih.

Duhai Allah... Sekali lagi sampaikanlah sholawat dan salam kepada junjungan dan panutan kami, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam juga para keluarga dan sahabatnya. Engkau adalah Dzat Yang Maha Suci. Suci dari apapaun yang orang-orang kafir sifatkan kepada-Mu. Semoga kedamaian selalu tercurah untuk para rosul. Dan segala puji hanya milik-Mu.

Amin ya Allah Ya Rabbal 'alamin....

0 komentar:

Posting Komentar